Macam-macam Perangkat Input
PERANGKAT
INPUT
Perangkat
input merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan
diolah ke dalam komputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk
melakukan interaksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang
diberikan oleh penggunanya. Contoh perangkat input langsung adalah keyboard, mouse, joystick, scanner, card
reader, MICR (magnetic ink character recognition), touchscreen, light pen,
microfon, UPC (universal product code), financial transaction terminal, mouse,
digitalizer graphics tablet, teleprinter terminal, point of sale terminal,
visual display terminal, pointing device, optical data reader, sensor, key to
card, key to tape, key to disk. Berikut beberapa perangkat input yang
sering digunakan pada komputer secara umum :
1. Keyboard
Merupakan
sekumpulan tombol ynag tersusun pada satu tempat seperti mesin ketik yang
umumnya antara 85 hingga 120 tombol yang terdiri atas huruf (A, a, B, b, C, c,
. . . Z, z), anngkat (0, 1, 2, 3, . . ., 9), symbol atau bisa dinamakan
karakter khusus (@, %, $, . . ., dan sebagainya) serta tombol-tombol fungsi
(F1, F2, F3 . . . , F12).
Gambar 1 Keyboard
2. Mouse
Merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Perangkat yang didesain sesuai dengan sesuai dengan bentuk lekuk tangan ini umumnya memiliki dua tombol klik utama yaitu klik kiri dan klik kanan, yang dibawah atau dibaliknya terdapat bola kecil yang digunakan untuk menggerakkan penunjuk (pointer). Ada 3 tipe dasar mouse :
Merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Perangkat yang didesain sesuai dengan sesuai dengan bentuk lekuk tangan ini umumnya memiliki dua tombol klik utama yaitu klik kiri dan klik kanan, yang dibawah atau dibaliknya terdapat bola kecil yang digunakan untuk menggerakkan penunjuk (pointer). Ada 3 tipe dasar mouse :
a. Mekanis
: memiliki bola karet didalam sisi bawah mouse dan berorientasi ke segala arah.
Sensor mekanisnya mendeteksi gerakan bola lalu sensornya mengirimkan sinyal
untuk menggerakkan kursor pada layer.
b. Optomekanis
: sama seperti mouse mekanis yang baru, dan ada yang menggunakan sensor optic
untuk mendeteksi gerakan bola.
c. Optik
: mouse ini menggunakan laser untuk mendeteksi gerakan mouse dan memiliki LED.
Tidak ada bola mouse dan gerakan mekanis. Mouse optic harus digerakkan di atas
permukaaan atau alas tertentu dengan jaringan yang dapat dibaca mouse.
Gambar 2 Mouse
Alat
ini digunakan dengan cara menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka
terhadap cahaya. Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer
maka satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program
tersebut. Biasanya digunakan untuk menggambar grafik secra elektronik dapat
dilakukan dengan menggunakan digitalizer
graphics tablet.
Gambar Lightpen
4. Joystick
Merupakan tongkat yang digunakan untuk menggerakkan kursor. Ini dilakukan dengna memegang tongkat yang dapat diputar sampai dengan 360 derajat. Biasanya digunakan untuk permainan video games.
Merupakan tongkat yang digunakan untuk menggerakkan kursor. Ini dilakukan dengna memegang tongkat yang dapat diputar sampai dengan 360 derajat. Biasanya digunakan untuk permainan video games.
Gambar 4 Joystick
5. Touchscreen
Difungsikan dengan cara menyentuh layer monitor atau bantalan untuk merespons objek program. Sebagai missal layer komputer menampilkan menu pilihan, untuk memilihnya tinggal menyentuh dengan jari pada pilihan tersebut.
Difungsikan dengan cara menyentuh layer monitor atau bantalan untuk merespons objek program. Sebagai missal layer komputer menampilkan menu pilihan, untuk memilihnya tinggal menyentuh dengan jari pada pilihan tersebut.
Gambar 5 Touchscreen
6. Mikrofon
Merupakan alat input dengan cara mengeluarkan suara, ini biasanya untuk aplikasi multimedia atau lebih popular untuk keperluan audio.
Merupakan alat input dengan cara mengeluarkan suara, ini biasanya untuk aplikasi multimedia atau lebih popular untuk keperluan audio.
Gambar 6 Mikrofon
7. Scanner
Merupakan suatu alat yang berfungsi seperti mesin fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital. Sensitive kepada cahaya dan dapat menerjemahkan teks, barcode, gambar, dan sebagainya.
Merupakan suatu alat yang berfungsi seperti mesin fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital. Sensitive kepada cahaya dan dapat menerjemahkan teks, barcode, gambar, dan sebagainya.
Gambar 7 Scanner
8. Trackball
Merupakan perangkat penunjuk seperti mouse, namun terdapat bola yang digunakan untuk menggerakkan kursor diatasnya.
Merupakan perangkat penunjuk seperti mouse, namun terdapat bola yang digunakan untuk menggerakkan kursor diatasnya.
Gambar 8 Trackball
9. Kamera
Saat ini perangkat input yang sedang banyak digunakan adalah menggunkan kamera baik video yang datannya berjenis analog dan nantinya bisa dikonversi menjadi data digital maupun kamera yang datanya bisa langsung digital.
Saat ini perangkat input yang sedang banyak digunakan adalah menggunkan kamera baik video yang datannya berjenis analog dan nantinya bisa dikonversi menjadi data digital maupun kamera yang datanya bisa langsung digital.
Gambar 9 Kamera
Sumber : Aji Supriyanto, 2005
Komentar
Posting Komentar